Beranda

Senin, 07 November 2011

Bebas Stres Saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta: Hampir semua perempuan merasakan momen yang luar biasa saat tengah hamil atau mengandung sang buah hati tercinta. Namun, kurangnya informasi tentang masa kehamilan tak jarang membuat ibu hamil juga mengalami tekanan alias stres, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.

Jakarta dengan segudang aktivitas. Tidak cuma macet, suara bising kendaraan, maupun polusi udaranya, yang tak dipungkiri membuat penduduk Ibu Kota tak nyaman. Apalagi bagi perempuan hamil atau ibu hamil. Ketidaknyamanan itu pula yang kini dirasakan reporter SCTV Sufiani Tanjung.

Tapi, bukan berarti tidak ada solusinya. Banyak cara untuk menciptakan masa kehamilan menjadi lebih indah, tidak hanya bagi para ibu, tapi juga sang calon buah hati. Karena itu, Sufi memutuskan untuk mengunjungi klinik yang hampir semua kegiatannya dirancang untuk para calon ibu, Bunda International Clinic.

Di klinik yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini terdapat beragam pelayanan bagi ibu hamil. Misalnya senam ibu hamil. Sebelum mengikuti senam ini, tekanan darah harus diperiksa dulu untuk kemudian melakukan pemanasan yang dipandu oleh instruktur. Dan, senam pun dimulai.

Masing-masing gerakan dalam senam ini punya manfaat luar biasa. Di antaranya mengurangi nyeri pinggang, kram, sekaligus menguatkan otot perut dan panggul. Sedangkan senam untuk payudara bisa meningkatkan jumlah air susu ibu.

Usai senam dan berkeringat, paling enak adalah memanjakan tubuh dengan spa berbahan rempah alami. Dengan biaya Rp 300 ribu untuk tiga jam, dijamin sebanding dengan pelayanan yang didapat. Mulai dari scrub, lulur, masker, hingga pijat, semua lengkap. Jadi, jangan kaget kalau sampai ketiduran saat menikmati pijatan terapis di sini.

Produk perawatan digunakan di spa klinik ini berasal dari bahan alamiah yang telah diyakini sangat aman digunakan selama kehamilan. Bahan alami itu berasal dari biji alpukat dan beras ketan yang diolah sedemikian rupa secara modern untuk mencerahkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit ibu hamil.

Jika ingin lebih lama lagi, bisa juga ikut refleksi. Lihat saja, muka hingga kaki Sufi pun dipijat. Tak lupa bagian tangan, punggung, dan kepala. Penekanan pada titik-titik tertentu ternyata ampuh membuang stres jauh-jauh. "Pokoknya segar," ujar Sufi.

Tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, Sufi memutuskan untuk mengambil kelas yoga juga. Dengan keseimbangan pikiran dan tubuh secara keseluruhan, yoga dipercaya ampuh menghilangkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil.

Sebenarnya, kehamilan dan melahirkan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti karena menimbulkan rasa sakit. Saat ini, banyak cara agar melahirkan tidak menimbulkan rasa sakit. Salah satunya adalah dengan terapi hypnobirthing atau teknik melahirkan tanpa rasa sakit yang sudah dikenal sejak 1890-an.

Terapi hipnotis dilakukan menyeluruh agar si ibu merasa relaks dalam keadaan sadar. Efeknya, proses kelahiran pun jadi aman, lembut, cepat, dan alami karena tanpa proses pembedahan. Teknik hipnotis ini menggunakan pendulum dan tidak hanya untuk sang istri karena suami tercinta juga bisa mengikutinya.

Kalau sudah terhipnotis, ibu hamil akan diberikan sugesti agar mampu melahirkan normal tanpa rasa sakit. Untuk membuktikannya ditusuk jarum pun tidak akan terasa sakit.

Cara lainnya adalah dengan waterbirth, metode melahirkan di dalam air. Syarat utama dalam teknik ini adalah pastikan kolam yang digunakan harus steril dari kuman. Suhu air dijaga 37 derajat Celcius supaya mirip dengan kondisi dalam rahim bunda. Yang perlu diingat, sang ibu justru jangan mengejan untuk mencegah bayi tersedak dalam air.

Konon, melahirkan dengan metode waterbirth juga bisa meningkatkan kecerdasan anak. Jadi, tak ada alasan bahwa masa-masa kehamilan bisa membuat stres, karena banyak hal bisa dilakukan agar terbebas dari beban psikologis yang ada.(ADO) 

This text will be replaced

Tidak ada komentar:

Posting Komentar